Uniknya Pemadam Kebakaran (DamKar) Barabai

BPK Rahmat Barabai - Barabai. Pemadam Kebakaran Barabai yang sering masyarakat sebut BPK (Barisan Pemadam Kebakaran),seperti kebanyakan Damkar yang ada Di Kalimantan Selatan ,adalah Pemadam Kebakaran Swasta yang di bangun berdasarkan  keinginan dan Swadaya masyarakat .Hampir di setiap RT, Kelurahan dan Kecamatan di wilayah Hulu Sungai Tengah sudah terbentuk dan berdiri kesatuan -kesatuan unit pemadam kebakaran.Alhamdulillah, Kota Barabai sekarang Sudah memiliki 800 orang anggota, 42 Unit  dengan armada 60-an mobil pemadam.Baik itu armada Tangki, Portable, Tossa ataupun Ambulan.

Keunikan Pemadam Kebakaran Barabai
Kegiatan / Acara Warung Amal
Maka jangan heran.jika anda sempat singgah dan berkeliling di kota Barabai akan melihat dan menemukan armada atau mobil pemadam kebakaran yang beraneka warna dan dengan nama grup yang berbeda.Walaupun begitu,sebenarnya Mereka adalah satu ,satu visi satu misi, yaitu menolong masyarakat yang terkena musibah .Mereka semua tergabung di kesatuan dengan nama BALAKAR 654 MURAKATA. (Bala Bantuan Kebakaran .Frekuensi Radio panggil  146 .540 Mhz .Murakata}.

Salah satu Kendala dalam Pengelolaan Pemadam Kebakaran swasta adalah masalah Biaya .Baik itu biaya Pemeliharaan maupun biaya Operasional .Tak pelak lagi itu merupakan sebuah masalah yang paling vital yang mau tidak mau harus ada cara penanggulangannya .Memang , bantuan dari pemerintah ada  Tapi , itu semua terasa belum mencukupi atau menutupi  biaya operasional mereka yang   24 jam harus bersiaga.

Dalam hal  pencarian dan pengumpulan dana selain turun ke Jalan, ataupun ke Pasar, para anggota BPK  mensiasatinya dengan mengadakan Penggalangan Dana  dengan cara mengadakan acara WARUNG AMAL.Warung amal  ini biasanya di selenggarakan pada malam hari dan mengundang semua anggota pemadam yang berada di wilayah Barabai khususnya dan kota kabupaten lainnya.Acaranya selain suguhan makanan dan minuman juga mengadakan Lelang. Biasanya yang di lelang adalah makanan atau kue.ataupun barang kelengkapan pemadam kebakaran.

Disamping itu pula . Adanya acara warung amal ini membuat mereka saling kenal . bisa bertegur sapa . dan yang terpenting saling bersilaturahmi antar sesama anggota .

Makluml saja, Pemadam Kebakaran Barabai ini anggotanya terdiri dari bernacam  lembaga dan instansi .baik yang bekerja di pemerintahan ataupun swasta . Mereka jarang sekali memiliki kesempatan berbincang , apalagi duduk bersama karena kesibukan aktivitas masing -masing, nah dikesempatan inilah mereka bisa menceritakan ,  bertukar pendapat , tentang group masing - masing ataupun mencari solusi pemecahan masalah yang mereka hadapi, atau langkah - langkah yang akan di ambil demi kemajuan organisasi .

Jadi di samping sebagai berfungsi Penggalangan Dana , Warung Amal juga bermanfaat sebagai ajang silaturahmi, ajang tukar pendapat, sekaligus sebagai ajang untuk menentukan langkah -langkah atau pun membuat keputusan demi kemajuan organisasi


Semoga dengan adanya Warung Amal akan tetap menyatukan Visi dan Misi Kemanusian Kami .

HIDUP BALAKAR..!
HIDUP BALAKAR 654 MURAKATA BARABAI


Sumber: BPK Rahmat Barabai
2 Komentar untuk "Uniknya Pemadam Kebakaran (DamKar) Barabai"

Tks atas komentarnya dan kunjungannya..

Back To Top